(D-4 Akuntansi Sektor Publik) Akreditasi BAN-PT Kementerian Pendidikan Nasional RI

Berdasarkan keputusan BAN-PT No. 6312/SK/BAN-PT/Ak-PNB/STr/IX/2022, menyatakan bahwa Program Studi Akuntansi Sektor Publik, Pada Program Sarjana Terapan Universitas Tadulako, terakreditasi dengan peringkat “B” berlaku sejak tanggal 1 September 2022 sd. 31 Agustus 2024.

Kriteria

Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi

         FEB UNTAD mulai beroperasi sejak tahun 1964 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 94/B-SWT/P/1964 tanggal 12 September 1964 sebagai perguruan tinggi swasta. FEB UNTAD sebagai salah satu fakultas dari UNTAD secara resmi berdiri sebagai perguruan tinggi negeri pada 14 Agustus 1981 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1981. Nama Fakultas Ekonomi berubah menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Perubahan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2017 Tentang Organisasi dan tata Kerja Universitas Tadulako. FEB UNTAD mengelola 11 PS, salah satunya adalah PS ASP Sarjana Terapan. PS ASP Sarjana Terapan merupakan transformasi dari Diploma Tiga (D3) Akuntansi yang berdiri sejak 20 Februari 1995 berdasarkan SK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Nomor 451 Tahun 1995. Transformasi tersebut dilakukan pada 11 Maret 2022 berdasarkan SK Mendikbudristek Nomor 81/D/OT/2022. PS ASP Sarjana Terapan telah terakreditasi oleh BAN PT dengan predikat B. UNTAD melakukan perbaikan secara komprehensif untuk mencapai standar internasionalisasi sehingga memperoleh predikat Unggul dari BAN PT. Orientasi internasional tersebut merupakan salah satu karakter dari Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi (VMTS) yang tercantum pada statuta UNTAD. UNTAD secara komprehensif dan sistematis mewujudkan VMTS melalui Rencana Strategi (Renstra) UNTAD, Rencana Induk Pengembangan (RIP) UNTAD, Rencana Operasional, dan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) UNTAD. FEB UNTAD selaras dengan UNTAD untuk mencapai standar internasional dengan menyusun VMTS FEB UNTAD, Renstra FEB UNTAD, dan RIP FEB UNTAD.

Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerja Sama

        Tata pamong pada FEB Untad dan PS ASP Sarjana Terapan berdasarkan statuta Untad. Statuta tersebut diwujudkan oleh UNTAD melalui sistem pengelolaan, Sistem Penjaminan Mutu yang dijabarkan ke dalam Sistem Penjaminan Mutu FEB UNTAD, Good University Governance (GUG), dan pembentukan zona integritas. Selanjutnya, FEB Untad menerjemahkan VMTS Untad ke dalam VMTS FEB Untad yang diimplementasikan melalui tata pamong secara kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil. Implementasi. Komitmen FEB UNTAD dalam mengelola PS menuju standar internasional telah diwujudkan dengan perolehan sertifikat ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018. Koordinator PS ASP Sarjana Terapan juga mewujudkan prinsip-prinsip tata pamong melalui kepemimpinan yang visioner, inspiratif, transparan, dan adaptif.

     FEB UNTAD menyusun struktur organisasi berdasarkan organisasi dan tata kerja UNTAD. Struktur organisasi tersebut meliputi unsur dekan dan wakil dekan, senat fakultas, bagian tata usaha, laboratorium. Bagian tata usaha secara lebih detail terdiri dari subbagian pendidikan, subbagian umum dan perlengkapan, subbagian keuangan dan kepegawaian, dan subbagian kemahasiswaan. Koordinator PS ASP Sarjana Terapan berkinerja dalam struktur organisasi tersebut berdasarkan SPMI FEB Untad, yaitu kebijakan SPMI, standar SPMI, manual SPMI, dan formulir SPMI. SPMI tersebut disusun oleh Pusat Penjaminan Mutu FEB Untad yang didukung oleh Gugus mutu tingkat PS. Dengan demikian, PS ASP Sarjana Terapan menjalankan tugas dan kewajibannya secara efektif, efisien, akuntabel, bertanggung jawab, transparan, adil, dan terhindar dari konflik kepentingan. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat kepuasan yang tinggi dari hasil evaluasi kepuasan para stakholder terhadap capaian tata kelola PS.

Featured Thinking

Pengabdian Kepada Masyarakat

Aktivitas dosen dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan oleh dosen tetap PS ASP Sarjana Terapan secara reguler tiap tahun.

Luaran dan Capaian Tridharma

PS ASP Sarjana terapan telah menghasilkan luaran berupa sejumlah publikasi ilmiah pada jurnal internasional bereputasi dan...